Wisata Menara Gentala Arasy di Jambi

Wisata Menara Gentala Arasy di Jambi

Wisata murah di Jambi – Menara Gentala Arasy dibangun di pinggir Sungai Batanghari dengan tinggi 80 meter. Pada puncak menara terdapat jam di ke-empat sisinya sebagai penunjuk waktu sholat umat Muslim. Koneksitas dentangannya terhubung dengan Masjid Alfalah seiring kumandang adzan sesuai waktu sholat. Menara inipun memiliki lift yang akan membawa anda untuk menikmati pemandangan kota Jambi di ketinggian.

Titian Arasy terhubung dengan menara yang digunakan sebagai jembatan khusus pejalan kaki dengan desain berliku menyerupai huruf S yang akan menghubungkan kawasan Taman Tanggo Rajo ke lantai dasar menara dimana Anda dapat memasuki museum lengkap dengan ruang teater untuk melihat sejarah masuk berkembangnya agama Islam di Jambi.

Kemudian jembatan pedestrian yang membentang menghubungkan Taman Tanggorajo yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki menyeberangi Sungai Batanghari. Pada selasar menara Gentala Arrasy pengunjung dapat menyaksikan sejarah perjalanan Islam dalam ruang museum, diorama dan room teater.

Keberadaan menara ini juga merupakan penanda Kota Jambi Seberang adalah pusat pendidikan ajaran Islam. Terdapat beberapa Madrasah ternama cukup legendaries diantaranya Al-Jauharein di Kelurahan Tanjung Johor, Sa’adatuddarein di Kelurahan Tahtul Yaman, Nurul Iman di Kelurahan Ulu Gedong dan pesantren As’ad di Kelurahan Olak Kemang serta beberapa lembaga islami lainnya.

Pada hari-hari besar Islam, terutama Hari Raya Haji lebih ramai dibanding Idul Fitri. Dengan beragam kuliner khas yang merupakan kuliner tradisional andalan Kota Jambi Seberang. Pinggiran Sungai Batanghari dengan konstruksi beton berundak-undak memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menonton atraksi di sepanjang Sungai Batanghari ketika diselenggarakan lomba perahu Kajanglako dan perahu hias yang diselenggarakan rutin setiap tahun sekali.