Wisata Bersejarah di Museum Fatahillah

Wisata Bersejarah di Museum Fatahillah

Wisata murah di Jakarta – Museum Fatahillah merupakan salah satu obejek wisata yang ada di Kota Tua Jakarta. Museum Fatahillah banyak dikunjungi karena ada hal menarik yang ada disana. Museum merupakan saksi bisu dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Salah satu obyek wisata yang menarik di Kota Tua Jakarta adalah Museum Fatahillah. Museum ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kota Tua Jakarta ini. Museum ini merupakan saksi bisu dari perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Sebelum dinamakan Fatahillah, museum ini dulunya diberi nama Museum Batavia. Pada saat masa penjajahan atau tepatnya ketika penjajahan VOC di Indonesia digunakan sebagai tempat untuk balai kota, ruang pengadilan dan juga penjara bawah tanah. Di dalam museum ini pun terdapat banyak sekali barang peninggalan penjajahan Belanda yang disimpan di museum ini. Museum Fatahillah terdiri dari tiga lantai, berikut ini adalah barang-barang peninggalan zaman penjajahan Belanda yang ada di Museum Fatahillah :

Lantai bawah. Di lantai bawah ada berbagai macam barang peninggalan VOC misalnya saja adalah patung, keramik yang dibuat menjadi kerajinan seperti prasasti, gerabah dan berbagai macam penemuan berwujud bebatuan yang ditemukan oleh arkeolog. Ada juga barang peninggalan kerajinan dari suku Betawi asli misalnya saja adalah dapur dengan ciri khas Suku Betawi saat tempo dulu.

Lantai Dua. Di lantai dua ada benda bersejarah seperti perabotan peninggalan para bangsa Belanda misalnya saja adalah tempat tidur dengan desain Belanda, lukisan Belanda dan arsitektur Belanda berupa jendela besar yang menghadap ke bagian alun-alun. Katanya jendela besar ini menghadap alun-alun sebab lewat jendela inilah orang-orang jaman dulu bisa melihat hukuman mati yang diberikan oleh para tahanan. Tahanan itu diberikan hukuman mati di tengah-tengah alun-alun.

Ruang bawah tanah. Bagian yang tidak kalah penting saat ada di museum ini adalah bagian ruang bawah tanahnya. Di ruang bawah tanah anda bisa melihat penjara untuk para tahanan yang saat itu berusaha melawan penjajah Belanda. Di ruang bawah tanah ada 5 ruangan sempit, sangat pengap dan ada bandul besi di ruangan itu. Bandul besi itu digunakan sebagai belenggu bagi kaki para tahanan.

  • Harga tiket masuk : Rp 2.000
  • Jam buka : Selasa – Minggu, pukul 9 pagi – 3 sore
  • Alamat : Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110