Tempat Wisata Bersejarah Candi Muaro Jambi

Tempat Wisata Bersejarah Candi Muaro Jambi

Wisata murah – Jika anda mengunjungi Jambi, anda perlu berkunjung ke Candi Muaro Jambi yang merupakan sejarah kota Jambi. Candi ini merupakan situs peninggalan kerajaan Sriwijaya dan kerajaan Melayu.

Candi Muaro JambiĀ  juga memiliki museum purbakala yang dapat menambah pengetahuan kita. Situs peninggalan budaya yang terdapat di kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi ini diprediksi telah ada sejak abad ke-11 Masehi. Namun baru di tahun 1975 pemerintah Indonesia mulai serius dalam pemugaran kompleks candi ini. Terdapat 9 situs peninggalan pada kompleks candi yang telah ditemukan dan dipugar dengan rapi seperti perkiraan bentuk aslinya.

Kesembilan situs bersejarah Candi Muaro Jambi diantaranya :

  • Candi Kedaton
  • Candi Koto Mahligai
  • Candi Gumpung
  • Candi Gedong Dua
  • Candi Vando Astano
  • Candi Tinggi
  • Candi Kembar Batu
  • Candi Telago Rajo

Di dalam kompleks tersebut tidak hanya terdapat candi tetapi juga ditemukan parit atau kanal kuno buatan manusia, kolam tempat penampungan air serta gundukan tanah yang di dalamnya terdapat struktur bata kuno. Dalam kompleks tersebut minimal terdapat 85 buah menapo yang saat ini masih dimiliki oleh penduduk setempat.

Selain peninggalan yang berupa bangunan, dalam kompleks tersebut juga ditemukan arca prajnaparamita, dwarapala, gajahsimha, umpak batu, lumpang/lesung batu. Gong perunggu dengan tulisan Cina, mantra Buddhis yang ditulis pada kertas emas, keramik asing, tembikar, belanga besar dari perunggu, mata uang Cina, manik-manik, bata-bata bertulis, bergambar dan bertanda, fragmen pecahan arca batu, batu mulia serta fragmen besi dan perunggu. Selain candi pada kompleks tersebut juga ditemukan gundukan tanah (gunung kecil) yang juga buatan manusia. Oleh masyarakat setempat gunung kecil tersebut disebut sebagai Bukit Sengalo atau Candi Bukit Perak.

Selain itu, di Candi Muaro Jambi kita juga dapat mengelilingi dan menikmati keindahan alam dengan sepeda maupun perahu yang tersedia, tentunya disewakan. Untuk mengunjungi kompleks candi yang telah diresmikan Presiden Indonesia tahun 2012 yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini hanya membutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota.

Pelestarian serta kebersihan situs purbakala ini harus tetap dijaga oleh para pengunjung dan masyarakat sekitar agar ojek wisata ini dapat tetap menjadi destinasi wisata terfavorit di Provinsi Jambi.