6 Tempat Wisata di Bali Yang Paling Terkenal

6 Tempat Wisata di Bali Yang Paling Terkenal

Wisata murah – Jika anda mendengar kata Bali, pasti yang terfikirkan di pikiran anda adalah banyak turis, pantai kuta, dan sebutan pulau dewata. Selain itu, Bali juga memiliki banyak sekali kekayaan budaya yang telah terpendam selama bertahun-tahun.

Sebagai tempat wisata yang paling terkenal di Indonesia, dan mempunyai resort yang dipadu dengan keindahan pantai yang mempesona, serta gemerlap kehidupan malamnya, menjadikan Pulau Bali sebagai tempat wisata terbaik Dunia ( World’s Best Island ) versi Majalah Travel pada tahun 2009. Dan ditahun 2010 juga memperoleh penghargaan dengan peringkat ke dua Best of Travel 2010 versi Majalah Leasure.

Itulah sebabnya wisata Bali memiliki daya tarik yang tidak pernah membosankan. Bahkan banyak sekali warga asing yang memilih Bali sebagai tempat tinggal baru untuk mereka. Berikut ini 6 tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan wajib kamu kunjungi.

1. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Berlokasi di kawasan Pantai Nusa Dua, Pantai Pandawa merupakan satu dari pantai bersih di Pulau Bali. Keunikan yang dimiliki pantai tersebut membuat banyak sekali wisatawan domestik dan mancanegara meluangkan liburan mereka di sana. Aktivitas yang dapat kalian lakukan di Pantai Pandawa sangat bermacam – macam, salah satunya adalah menaiki kano (estimasi harga Rp 25.000,- hingga Rp 50.000,-), memakai jasa pijat tradisional yang sudah disediakan (mulai dari harga Rp 60.000,- hingga Rp 100.000,-), mencari tempat – tempat foto yang menarik untuk pre-wedding atau hiburan semata, dan sebagainya.

2. Tanah Lot

Tanah Lot

Siapa yang tidak mengenal satu dari pura terbesar di Bali ini? Tanah Lot meruakan pura yang dibangun di atas karang pantai yang sangat besar dan curam. Pura ini terletak tidak jauh dari Pantai Sanur dan membutuhkan waktu 1,5 jam dari Kuta. Pura ini dibangun untuk memuja para dewa laut sehingga wisatawan lokal dan mancanegara tidak dapat memasuki pura tersebut untuk menjaga kesucian dan kesakralan tempat ibadah tersebut. Meskipun kalian tidak dapat memasuki kawasan Pura, kalian dapat mengambil beberapa foto yang menarik di sini, baik ketika siang hari hingga menuju matahari terbenam. Jika kalian beruntung, Tanah Lot memiliki gua kecil yang terdapat ular jinak berukuran kecil berwarna putih yang dipercaya sebagai penjaga pura tersebut.

Untuk memasuki Tanah Lot, kalian wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 7.500,- untuk anak – anak. Selain itu, kalian juga dapat menyaksikan tari kecak yang selalu ditampilkan setiap hari pada pukul 17.30 WITA. Jika kalian berangkat dari Kuta, ambil Jalan I Gusti Ngurah Rai menuju Jalan Sunset Road. Kemudian belok kanan ke Jalan Kerobokan dan lanjutkan hingga bertemu dengan bundaran yang mengarah ke Jalan Raya Canggu. Setelah itu kalian akan bertemu Jalan Bypass Munggu dan akhirnya kalian bertemu dengan Jalan Raya Tanah Lot.

3. Ubud

Ubud

Kalian penyuka seni dan budaya Bali? Jangan mengaku kalian penyuka kedua bidang tersebut kalau belum mengunjungi daerah wisata dan budaya Ubud, Bali. Ubud merupakan sebuah daerah yang terletak di sebelah Pulau Bali yang memiliki banyak sekali pemandangan yang sangat sejuk dan indah. Daerah ini juga terkenal dengan sawah terasering yang sangat curam namun enak dipandang. Bagi kalian yang mencari keheningan dari sibuknya dunia kerja, Ubud merupakan tempat yang sangat cocok.

Mengaku pecinta budaya dan seni? Ubud memiliki banyak sekali museum seni dan pertunjukkan tari dan teater yang sangat beragam dan tersebar di berbagai tempat. Museum-museum yang dapat kalian kunjungi terdiri dari Museum Neka Ubud dan Museum Arma Ubud. Siapa yang tidak mengenal Pasar Sukawati? Pasar seni ini menjual berbagai macam jenis kerjinan tangan yang sangat beragam seperti lukisan, sandal, alas gelas, dan sebagainya. Semua barang yang dijual dapat kalian tawar sesuai kesepakatan. Selain tiu, kalian juga daat menikmati berbagai wisata alam dan budaya lainnya seperti Goa Gajah atau Pura Tirta Empul Tapak Siring.

Bagi kalian yang tertarik mengunjungi Ubud, kalian dapat bermalam di satu dari penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas yang kalian inginkan. Selain itu, bagi yang berangkat dari Bandara Ngurah Rai dengan menyewa mobil pribadi untuk kalian yang ingin sekali mengelilingi seisi daerah Ubud. Berangkat dari Jalan Bypass Ngurah Rai, arahkan menuju Sanur dan sebelum Batubulan belok kanan ke Jalan Ida Bagus Mantre. Setelah itu, kalian akan menjumpai berbagai tempat wisata yang ada di Ubud.

4. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disebut dengan GWK merupakan taman budaya di Pulau Bali yang sangat terkenal. Tempat wisata di Bali ini menyajikan berbagai sekali daya tarik yang bermacam – macam bertemakan budaya Bali, seperti pertunjukkan tari, musik, teater, dan sebagainya. Berlokasi di Tanjung Nusa Dua, GWK terdiri dari landmark patung – patung khas Bali seperti patung Dewa Wisnu beserta hewan tunggangannya, Garuda yang tingginya mencapai 120 meter. Patung – patung tersebut dibuat oleh pematung terkenal dari Bali, I Nyoman Nuarta. Selain patung – patung, tempat wisata di sekitar GWK yang dapat kalian kunjungi terdiri dari Amphiteater, Wisnu Plaza, Lotus Pond, Kura – kura Plaza, dan sebagainya. Setiap pagelaran budaya yang ditampilkan dimulai pukul 10.00 tergantung kondisi cuaca.

Harga tiket masuk menuju GWK sebesar Rp 50.000,- dan Rp 60.000,- sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan. Selain itu, kalian dapat mengunjungi taman budaya tersebut mulai pukul 08.00 – 22.00 WITA. Untuk menuju ke lokasi, kalian membutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Bandara Ngurah Rai dimulai dari jalur ByPass. Kemudian kalian dapat melewati Universitas Udayana dan lanjutkan 40 km mengarah ke selatan.

5. Pantai Kuta

Pantai Kuta

Siapa yang tidak mengenal pantai ini? Pantai Kuta merupakan pantai selatan di Pulau Bali yang sangat terkenal. Pantai ini sangat cocok bagi kalian yang sangat mencari deburan ombak yang sangat deras untuk berselancar, atau hanya sekedar menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Kalian juga menjumpai beberapa ibu – ibu pijat tradisional yang sudah menjadi langganan wisatawan lokal dan mancanegara. Hanya berbekal selembar tikar dan minyak urut dari kelapa bercampur garam, kalian dapat menikmati layanan pijat dari masyarakat setempat seharga Rp 75.000,-. Pantai Kuta sangat berdekatan dengan penginapan, restoran, hingga pusat perbelanjaan yang memanjakan liburan kalian.

Lokasi Pantai Kuta sangat berdekatan dengan Bandara Ngurah Rai, yaitu hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Selain itu, Pantai Kuta juga sangat berdekatan dengan Pantai Legian sehingga kalian dapat mencapai Pantai Kuta melalui Jalan Pantai Kuta.

6. Nusa Dua

Nusa Dua

Nusa Dua merupakan wilayah yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Bali. Tempat wisata di Bali ini menyajikan banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat kalian kunjungi di sepanjang Nusa Dua. Kawasan wisata ini terdapat beberapa supermarket, museum, penginapan, dan pantai yang merupakan pantai terbersih di Bali. Keberagaman tempat yang disajikan oleh Nusa Dua dapat meluangkan waktu sesuka hati kalian bersama keluarga, teman, bahkan pasangan kalian.

Supermarket-supermarket di Nusa Dua seperti Supermarket Pepito, Supermarket Handy’s menjual berbagai kebutuhan berupa, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman impor, oleh-oleh khas Bali, dan sebagainya. Bagi yang ingin sekali mengetahui kebudayaan Bali, kalian dapat mengunjungi Museum Pasifika yang memaerkan berbagai lukisan dan seni-seni yang dibuat oleh warga lokal hingga warga asing yang tinggal di Bali. Membutuhkan deburan ombak dengan putihnya pasir pantai? Nusa Dua memiliki berbagai macam pantai yang sangat bersih untuk dikunjungi seperti Pantai Nusa Dua, Pantai Geger, Pantai Pirates Bay, dan sebagainya. Atau kalian yang menyukai aktivitas olahraga kalian dapat mengunjungi Tanjung Benoa dan Safari Unta di Grand Nikko.

Untuk mengunjungi Nusa Dua, kalian hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Kuta dengan menggunakan tol atas laut Bali (Jalan Tol Bali Mandara).