4 Destinasi Wisata Gratis di Kota Tangerang

Wisata murah di Tangerang – Tangerang merupakan salah satu wilayah Jawa Barat yang sangat dekat dengan Jakarta dan disana termasuk kawasan padat penduduk, meski tidak sepadat ibukota Jakarta.

Banyak tempat wisata di Tangerang, Banten yang tersebar di beberapa wilayah seperti daerah Serpong, Balaraja, Cikupa, Legok, Curug, Ciledug, Cisoka, Tigaraksa, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

Dibawah ini merupakan rangkuman destinasi tempat wisata gratis yang ada di kota Tangerang :

Taman Potret

Taman Potret

Lokasi : Babakan, Kota Tangerang.
Jam operasional : Setiap hari 24 jam
Tarif : Gratis

Jika Bandung terkenal dengan Taman Poto disana, maka Tangerang juga memiliki Taman Potret yang tidak kalah populer.

Taman Potret berada tepat di sebelah barat Tang Mall City, bagian pintu masuknya terdapat sebuah patung wanita menari dengan corak keseluruhan warna merah. Sedangkan di belakang patung ada replika perahu kecil yang merupakan perahu tradisional Phinisi.

Saat sore menjelang malam, Taman Potret ini terdapat beberapa pedagang makanan untuk para pengunjung berwisata kuliner menikmati hidangan makanan khas Jawa Barat atau Jakarta.

Taman Prestasi

Taman Prestasi

Alamat : Jl. Ahmad Yani, Sukarasa
Jam operasional : Setiap hari pukul 05.00 – 22.00
Harga tiket masuk : Gratis

Taman Prestasi merupakan salah satu area ruang hijau di tengah perkotaan Tangerang layaknya taman pada umumnya. Yang menambah keunikan taman ini adalah dengan adanya satu fasilitas gym dan dapat digunakan secara umum kepada seluruh pengunjung taman.

Banyaknya pepohonan rindang hingga tanaman hias di area sekitar taman ini membuat Taman Prestasi menjadi sejuk dan asri walaupun berada di pertengahan kota.

Taman Prestasi hampir tidak pernah sepi pengunjung, ada juga beberapa pedagang makanan yang berjualan di luar taman.

Masjid Pintu Seribu

Masjid Pintu Seribu

Lokasi : Bayur Periuk Jaya, Periuk
Jam operasional : Sesuai dengan jam ibadah
Nomer telepon : +62 896 7118 9781
Harga tiket masuk : Gratis

Masjid Pintu Seribu bisa dijadikan salah satu alternatif wisata religi bagi para kaum muslim di Tangerang, Banten. Layaknya bangunan Lawang Sewu di Jawa Tengah, pintu yang berada di masjid ini tidak terhitung jumlahnya karena saking banyaknya pintu tersebut.

Bahkan bila wisatawan berkunjung dan menanyakan kepada penjaga Masjid Pintu Seribu ini sendiri, penjaga tidak bisa memastikan berapa banyak pintu di dalamnya.

Selain keunikan dengan berbagai pintu disini, pengunjung juga bisa melihat tasbih raksasa yang dipajang di dalam masjid tersebut.

Vihara Nimmala (Boen San Bio)

Vihara Nimmala (Boen San Bio)

Alamat : Jl. KS. Tubun No. 43 RT. 01 RW. 03, Koang Jaya, Ps. Baru, Kecamatan Tangerang
Jam operasional : Sesuai dengan jam ibadah
No telp : +62 21 552 2945
Tarif : Gratis

Wisata religi untuk umat Budha, khususnya masyarakat pecinan juga bisa dilakukan di Tangerang dengan mengunjungi Vihara Nimmala atau yang juga dikenal dengan nama Klenteng Boen San Bio.

Diatas atap pintu gerbang klenteng terdapat replika patung burung Fenghuang atau burung Hong atau burung Phoenix yang unik.

Di halaman depan vihara sendiri terdapat sepasang patung singa penjaga klenteng, sedangkan di dalamnya ada patung Co Su Kong, panggilan yang melambangkan Dewa Pelindung para imigran dari Coan Ciu.